Sama yang Berbeda

Kita adalah entitas yang tidak memiliki batas 




Kenyataan sering kali memaksa untuk membatasi diri dengan satu gambaran. Sedangkan waktu sebelum kenyataan terjadi kita sudah membuat sudut yang terbuka berikut terpola.

Ketika suatu kenyataan terjadi. Sesuatu yang sebelumnya sudah tersusun rapi tiba-tiba berantakan. Karena berantakan timbul emosi, marah, hilangnya kontrol. Tetapi seumpama dapat meredam hal itu kita akan menemukan pola pola baru yang mungkin tidak terkira bahkan tidak pernah tergambarkan namun dapat menyelesaikan.

Mencoba mengulik tentang kopi yang kebanyakan diangkat umum tentang pahit manisnya saja. Coba membuka pola baru tentang biji kopi yang dibuat bubuk lalu dikemasi oleh perusahaan industri ataupun biji kopi yang diblend oleh barista di kedai kedai kopi. Belajar dari proses dasar yang tersusun hingga kita sesap yang menjadi akhir. Memaksa kita untuk tidak hanya memikirkan manis pahit namun sudah selayaknya menilik lebih dalam lagi hal hal kecil yang menjadikannya penilaian serta penyelesaian. Hingga semua tahu kalau hal ini sebenarnya adalah proses. Karena proses tidak memiliki batas, bahkan akhir pun tetap melingkar menuju ke semula lagi.

Tumbuhlah berbagi tanpa sekat. Jangan membuat batas yang membuat kita terkuras.

Alang-alang 

Comments