Arti dari sebuah tempat



Senja ialah poros yang mempertemukan kita, menjadi saksi sebagai tanya yang kita sepakati. Kutaruh percaya pada keelokan Ia terbenam menemukan pesan pesan yang hingga sekarang membuatku bingung. Bingung membedakan antara percaya dengan curiga, telah lama ku tak sempat menyepi mengadukan diri pada semesta tentang apa yang kurasa.

Suatu sore ku kembali pada sebuah tempat dimana kita menyaksikan senja. Di tengah sawah timur kampus mengadu kebingungan yang menyiksa, ku tak mendapat jawaban. Lalu ku coba ke sebuah tempat dimana aku dulu terbiasa menyepi. Sebuah tempat landing dan berangkat olahraga paralayang. Ku temui disana senja mulai berubah petang, saatnya ku ceritakan, ku curahkan semuanya, ku cari cari jalan keluar. Sampai pada akhirnya aku kehabisan perantaraku beradu yaitu kopi serta tembakau. Membuat semuanya terasa semakin menyiksa, menusuk, dan menyakitkan.

Tak jua, stasiun tetap membayang. Tempat yang seringkali jadi penanda kita selain gunung, pantai, dan, senja. Disanalah tempat terbaikku untuk mengadu, agar sekedar tahu apa salahku. Berdenting denting segalanya. Dan perlu jalan tengah untuk terarah.

Aku telah melangkahi apa yang sudah kita sepakati waktu itu. Aku berserah, supaya menjadi mudah untuk kembali melangkah. Ku beranikan memohon pada semesta untuk menyampaikan maaf ku pada apa yg telah kita sepakati.


Comments